YAYASAN ASY-SYIFA RANGKASBITUNG



          Golden Age merupakan periode emas yang sangat berharga bagi anak Usia Dini dalam memperoleh prose pendidikan yang amat peka dan mudah mencerna perkembangan alam sekitarnya.

Periode ini merupakan awal yang amat mudah bagi anak-anak dalam mengawali berbagai macam keadaan lingkungan sebagai stimulus terhadap perkembangan kecerdasan kognitif, efektif, psikomotor,sosial dan kepribadian anak Usia Dini.

          Penelitian menunjukkan bahwa 50% kapabilitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi ketika anak usia 4 tahun, 80%terjadi ketika usia 8 tahun, dan mencapai titik puncaknya ketika anak mencapai berusia 18 tahun (Direktorat PAUD, 2004). Artinya perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 4 tahun pertama sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi pada kurun waktu 14 tahun berikutnya. Sehingga menjadi periode emas ini merupakan periode kritis bagi anak yang amat berpengaruh secara signifikan terhadap perkembengan hingga masa dewasa.
           Masa emas yang gemilang hanya datang satu kali, keadaan ini membuat orang tua harus ekstra hati-hati dalam memberikan perhatian pada anak agar kelakdikemudian hari keluarga dapat memberikan beentuk rangsangan yang optimal dalam mengoptimalkan perkembangan masa anak remaja dan dewasa.
Untukitulah PAUD ASY-SYIFA mengedepankan progra-program yang memberikan nilai manfaat bagi masyarakat luas.


VISI DAN MISI

Visi


Menjadi PAUD sebagai wahana pengembangan kreatifitas, imajinatif, motvatif, inovatif anak yang berwawasan mandiri dan berkarakter.

Misi



1. Membentuk generasi yang cerdas dan taqwa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa
2. Menumbuhkembangkan kreatifitas, imajinatif, motvatif, inovatif dan kemandirian anak yang berkarakter.
3. Menghantarkan anak untuk mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

TUJUAN
1. Tujuan Umum


Meletakkan dasar yang kuat bagi anak untuk mengembangkan kreatifitas, imajinatif, motvatif, inovatif dan pembentukan karakter yang berkepribadian yang pada gilirannya menguasai iptek dan imtaq yang berguna bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2. Tujuan Khusus

Untuk Ibu / Keluarga

1. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman ibu / keluarga tentang pentingnya proses Pendidikan Usia Dini.

2. Meningkatkan keterampilan ibu / keluarga dalam melaksanakan proses Pendidikan Usia Dini.

Untuk Anak
1. Menanamkan pondasi yang kokoh sesuai dengan akidah dan falsafah bangsa indonesia pada anak  Usia Dini untuk persiapan proses pembentukan kepribadian yang mandiri dan handal.

2. Merangsang munculnya kemampuan dasar pada anak dalam penguasaan sains dan teknologi dalam kehidupan.


Untuk Masyarakat


1. Meningkatkan perhatian dan keterlibatan lembaga setempat yang berkaitan dengan  Pendidikan Anak Usia Dini berbasis iman dan taqwa.

2. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya pokok yang berkaitan  dengan Pendidikan Anak Usia Dini berbasis iman dan taqwa.
3. Tersedianya kelompok-kelompok belajar dirumah dan tersedianya alat-alat bantu yang diperlukan guna memberiklan stimulus yang tepat dan benar pada Anak Usia Dini.