kegiatan belajar manasik haji di alun-alun rangkasbitung


2.174 Anak Usia Dini Padati Alun-Alun



Lebak, Pelita
Sebanyak 2.174 anak usia dibawah 7 tahun memadati areal alun-alun kota Rangkasbitung dengan menggunakan pakaian serba putih. Hal itu terjadi karena anak-anak dari berbagai sekolah pendidikan anak usia dini seperti Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Belajar (Kober), Raudhatul Athfal (RA) dan yang sederajat itu tengah mengikuti kegiatan belajar manasik haji yang digelar Ikatan Guru raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Lebak.

Ketua IGRA Kabupaten Lebak Kartinah mengatakan kegiatan manasik haji itu merupakan program tahunan IGRA yang diikuti oleh sejumlah RA atau yang sederajat diseluruh wilayah di Kabupaten Lebak. Kegiatan manasik haji tahun 2010 diikuti oleh sekitar 2.174 anak dari seluruh RA yang ada di Kabupaten Lebak, kata Kartinah kepada wartawan.

Tujuan dari kegiatan tersebut, lanjut Kartinah untuk memberikan pengetahuan tentang tata cara menunaikan ibadah haji secara langsung dalam bentuk praktek kepada anak sejak usia dini. Kegiatan yang hanya dilakukan 1 hari dalam setahun ini merupakan hasil kerjasama dengan Kementrian agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang wali murid RA PGRI Rangkasbitung Aceng Ahmadi menuturkan bahwa bentuk pembelajaran massal memang cocok dilakukan untuk anak usia dini. Sebab, selain memancing semangat anak juga sebagai wahana untuk bermain sambil belajar. Ada baiknya, pelajaran yang bersifat pekerjaan seperti shalat, ibadah haji dan lainnya dilakukan langsung dengan praktek, karena akan lebih mudah dicerna oleh anak, tutut Aceng seraya mengapresiasi kegiatan tersebut. (kbl/2)